Kamis, 22 Januari 2015

Batterai Yang Dapat Mengisi Sendiri

Batterai Yang Dapat Mengisi Sendiri


Pernahkan sobat bayangkan, suatu ketika, batterai yang digunakan untuk keperluan sehari-hari bisa ter-cas sendiri, hanya dengan menggerakkannya? atau meniupnya? Saat ini ada penemuan metode baru mengubah energi kinetik dari gerak langsung menjadi energi kimia yang tersimpan, melewatkan langkah sekunder mengubah energi mekanik menjadi listrik. Baterai terobosan yang dinobatkan sebagai salah satu inovasi oleh majalah Fisika Dunia.

Baterai, yang dikembangkan oleh Zhong Lin Wang dan rekan-rekannya di Georgia Institute of Technology, mengubah energi kinetik dari gerak menjadi energi kimia, yang kemudian dapat digunakan untuk daya perangkat apapun. Dengan menempatkan baterai di bagian bawah sepatu, misalnya, bisa menghasilkan energi dengan setiap langkah. Sobat mungkin pernah mendengar tentang teknologi serupa, tetapi semua sistem lain alam ini memerlukan dua proses, dan memerlukan tempat yang besar. Sistem baru mencapai itu hanya dalam satu dan portabel. Penelitian pertama pada baterai baru ini diterbitkan pada bulan Agustus 2012 di jurnal Nano Letters.

Zhong Lin Wang, hingga sistem baru ini dikembangkan, menangkap energi kinetik yang diperlukan mengubah energi mekanik menjadi listrik, yang kemudian akan diubah menjadi energi kimia untuk penyimpanan jangka pendek atau panjang. Metode baru ini melompati langkah dan mengubah energi dari gerak langsung menjadi energi kimia yang tersimpan.

"Ini adalah proyek yang memperkenalkan pendekatan baru dalam teknologi baterai yang secara fundamental baru dalam ilmu pengetahuan," kata Prof. Wang. Tidak hanya teknologi ini baterai baru membuat proses yang lebih efisien - lima kali lebih efisien daripada sistem saat ini, Lin Wang mengatakan - mengurangi jumlah ukuran dan berat baterai yang dihasilkan, sehingga lebih portabel dan mudah untuk memasukkan ke dalam segala macam perangkat.

Sekarang sistem baterai tidak semua yang dapat menghasilkan banyak listrik - hanya untuk menyalakan sebuah kalkulator saku - tapi para ilmuwan mengatakan bahwa bisa meningkat menjadi setara dengan baterai 1.5V sekarang ini dan dapat digunakan dalam skala yang lebih luas, mereka mengatakan itu bisa menghasilkan listrik hampir tak terbatas.

Profesor Wang membahas baterai - yang ia sebut lebih dari sebuah "power pack" dari baterai sederhana - dalam video tayangnya di CNN, dimana dia menunjukkan batterai penemuannya menghasilkan listrik hanya dengan meniup alat tersebut. Jadi sobat, kalau batterai HP kamu padam, ditiup aja supaya menyala lagi ^___^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar