Jumat, 16 Januari 2015

Sejak Kapan Tomat Haram?

Sejak kapan tomat haram? Kok jadi terlarang buat muslim Timur Tengah?

Dari dulu gue kenal tomat, buat dimakan langsung atau jadi campuran masak. Ga ada yang salah dengan tomat, makanya bingung kenapa kok buah eh atau sayur ya? Hehe tomat itu termasuk buah atau sayur sih? Terserah deh mau dikategorikan apa, tapi kalo tiba2 dikategorikan sebagai makanan yang dilarang untuk dikonsumsi orang muslim kan jadi bikin bingung. Sejak kapan tomat haram?

Awalnya tuh gue ngeliat di beranda facebook ada yang ngebagi informasi kalo muslim Sunni ekstremis pendukung jihad atau Salafist melarang muslim Timur Tengah makan tomat, sebenernya sih larangan itu juga ditujukan buat muslim sedunia karena alesan mereka tomat ‘mengandung’ salib. Hah? Bukannya tomat mengandung vitamin? Terus gue liat fotonya, di situ terlihat tomat terbelah dan bagian dalam tomat menyerupai salib. Ya ampuunn...

Di sebelah foto itu ada catatan berbahasa Arab yang artinya “Tuhan tolong kami. Aku mohon kalian menyebarkan foto ini karena ada saudari kita dari Palestina yang melihat penampakan Nabi Muhammad dan Nabi menangis, memperingatkan bangsanya untuk tidak memakan tomat. Jika kamu tidak menyebarkan pesan ini, ketahuilah bahwa setanlah yang menghentikanmu”.

Ingat, tentang aturan makanan Halal-Haram itu sudah diatur dalam Al-Quran. Untuk yang HARAM Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." QS. Al-Baqarah(2):173.

Untuk yang HALAL, Allah SWT berfirman:
"Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." QS.Al-An'aam(6):141.

Jadi, tomat bisa jadi HARAM, kalau anda nyolong tomat dari kebun orang, sedangkan anda sangat mampu untuk membelinya dari pasar.
Bahkan tanaman beracun-pun tidak ada ayat tentang Halal-Haramnya, sebab tanaman beracun bisa dijadikan "obat" dengan metode "racun melawan racun". Allah SWT hanya melarang memakan tanaman racun, jika untuk bunuh diri. 
Yang sangat disayangkan, disitu mengatakan "penampakan Nabi Muhammad dan Nabi menangis.." aduh, sejak kapan Rasullullah jadi penampakan? Astagafirullah. Bermimpi dalam tidur untuk ketemu beliau saja sungguh sangat sulit, walaupun berdoa beribu-ribu kali, belum tentu diberi karunia bermimpi ketemu beliau... apalagi ini penampakan?! Semoga Allah SWT mengampuni yang menyebarkan cerita ini (termasuk saya yang punya blog, walaupun dengan maksud meluruskan) dan mengampuni kita semua. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar